VIsibility of System Status - sahabatbambu.com
Tidak membedakan antara link dan bukan link.
Pada sahabatbambu.com kita tidak mengetahui apakah tulisan pada situs tersebut merupakan link atau hanya tulisan biasa karena tidak ada pembeda antara tulisan biasa dengan link, khususnya pada halaman produk.
Pada halaman produk kita akan melihat list produk yang mereka sediakan. Namun mereka menuliskan dengan warna hitam dan tanpa gambar yang memperjelas dari list tersebut.
Pada gambar yang diberi tanda diatas merupakan link, tapi tidak menunjukkan ciri khusus bahwa itu merupakan link. Mereka ternyata meletakkan list tersebut kedalam menu yang ada disebelah kanan layar.
Hal tersebut menyebabkan pengulangan yang kurang bermanfaat.
Tidak menjelaskan metode pembayaran.
Pada sahabatbambu.com kita tidak mengetahui apakah tulisan pada situs tersebut merupakan link atau hanya tulisan biasa karena tidak ada pembeda antara tulisan biasa dengan link, khususnya pada halaman produk.
Pada halaman produk kita akan melihat list produk yang mereka sediakan. Namun mereka menuliskan dengan warna hitam dan tanpa gambar yang memperjelas dari list tersebut.
Halaman produk www.sahabatbambu.com |
Hal tersebut menyebabkan pengulangan yang kurang bermanfaat.
Menu pada halaman Produk www.sahabatbambu.com |
Untuk masalah tersebut saya menyarankan untuk mengganti link dalam bentuk tersebut menjadi kategori produk beserta list gambar, harga dan deskripsinya. Hal tersebut dapat membantu user untuk memahami apa yang dimaksud oleh www.sahabatbambu.com.
Tidak menjelaskan metode pembayaran.
Saya mencoba untuk melakukan pemesanan dengan masuk ke halaman produk dan memilih menu harga dan pemesanan. Awalnya saya mengira bahwa akan muncul daftar harga beserta cara pemesanan produk, namun yang ditampilkan hanya daftar produk tanpa mencantumkan nomor rekening pembayaran. Pada list produk juga tidak muncul gambar beserta deskripsi dari produk sehingga membingungkan bagi user pemula untuk dapat mengenali produk yang akan mereka beli.
Isi dari menu Harga dan Pemesanan |
Untuk masalah ini, saya menyarankan agar memaparkan secara rinci cara transaksi termasuk nomor rekening, dan metode pengiriman barang sehingga calon pembeli menjadi lebih yakin untuk melakukan transaksi. Hal lain yang harus dilakukan adalah memberikan gambar dan deskripsi untuk masing-masing produk sehingga para calon pembeli pemula lebih mudah untuk mengetahui profil dari produk yang akan mereka beli.
Severity rating
Menurut Nielsen (1995) penilaian severity ratings berdasarkan pada kombinasi ketiga faktor, yaitu :
- Frequency : Frequensi terjadinya masalah.
- Impact : Timbal balik dari masalah yang terjadi.
- Persistance : Persistensi adanya masalah.
Severity Rating berdasarkan skala dari 0 sampai dengan 4, dengan spesifikasi sebagai berikut
- 0, jika bukan merupakan sebuah masalah.
- 1, jika masalah tidak terlalu penting.
- 2, jika masalah perlu diperbaiki namun dengan prioritas rendah.
- 3, jika masalah sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
- 4, jika masalah yang dihadapi sangat serius dan butuh perbaikan dengan prioritas sangat tinggi.
Berdasarkan ketiga faktor diatas, saya memberikan severity ratings = 3.
Komentar
Posting Komentar