Help and Documentation - sahabatbambu.com

Tidak tersedianya menu bantuan atau help untuk membantu masalah yang dihadapi pengguna.

Fitur bantuan atau help sangat penting ada dalam suatu situs, khususnya situs yang memperjualkan suatu produk. Ini sangat membantu user untuk melakukan task pada suatu situs. Tanpa adanya fitur ini user yang kebingungan memiliki kecendrungan untuk meninggalkan situs tersebut karena dianggap sulit untuk digunakan.
Pada kasus ini sahabatbambu.com menyediakan menu tanya jawab, namun jika menu tersebut di klik, hanya muncul pertanyaan dan jawaban yang disediakan dan dianggap umum oleh developer sehingga user tidak bisa langsung bertanya tentang masalah yang mereka hadapi. Selain itu pertanyaan yang tersedia hanya membahas tentang teknis dari produk yang mereka sediakan.

Halaman tanya jawab
Untuk masalah ini saya menyarankan untuk menambahkan fitur bantuan berupa menu help atau bantuan yang dapat menampung pertanyaan daru user serta memuat beberapa petunjuk dalam penggunaan situs.


Severity Rating

Menurut Nielsen (1995) penilaian severity ratings berdasarkan pada kombinasi ketiga faktor, yaitu :
  • Frequency : Frequensi terjadinya masalah. 
  • Impact : Timbal balik dari masalah yang terjadi.
  • Persistance : Persistensi adanya masalah.
Severity Rating berdasarkan skala dari 0 sampai dengan 4, dengan spesifikasi sebagai berikut 
  • 0, jika bukan merupakan sebuah masalah.
  • 1, jika masalah tidak terlalu penting.
  • 2, jika masalah perlu diperbaiki namun dengan prioritas rendah.
  • 3, jika masalah sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
  • 4, jika masalah yang dihadapi sangat serius dan butuh perbaikan dengan prioritas sangat tinggi.
Berdasarkan ketiga faktor diatas, saya memberikan severity ratings = 3.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan Antarmuka KASKUS

Apa itu ASCII??

Tabel Anion Dan Kation